Kurikulum Tahun Akademik

2015 - 2016

  • Semester I
  • Pancasila
    2 SKS
  • Agama
    2 SKS
  • Strukturen und Wortschatz I
    8 SKSH10H101
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam menggunakan ungkapan-ungkapan dan kalimat-kalimat dasar bahasa Jerman. Materi mencakup tema-tema : Gespräch im Café, Kommunikation im Kurs, Sehenswürdigkeiten in Europa, Wohnwelten, Termine und Verabredungen, Orientierung am Arbeitsplatz, Beruf und Alltag.
  • Mündlicher Ausdruck I
    2 SKS - H10H105
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan. Materi mencakup tema-tema : Gespräch im Café, Kommunikation im Kurs, Sehenswürdigkeiten in Europa, Wohnwelten, Termine und Verabredungen, Orientierung am Arbeitsplatz, Beruf und Alltag.
  • Schriftlicher Ausdruck I
    2 SKS - H10H107
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara tulisan. Materi mencakup tema-tema : Gespräch im Café, Kommunikation im Kurs, Sehenswürdigkeiten in Europa, Wohnwelten, Termine und Verabredungen, Orientierung am Arbeitsplatz, Beruf und Alltag
  • Leseverstehen I
    2 SKS - H10H109
    Mata kuliah ini berupa latihan kemampuan pemahaman berbagai teks tulis berbahasa Jerman untuk dapat menjawab pertanyaan : siapa, hal apa, kapan, di mana.
  • Hörverstehen I
    2 SKS - H10H111
    Mata kuliah ini berupa latihan kemampuan pemahaman berbagai teks bahasa Jerman melalui sarana audio untuk dapat menjawab pertanyaan : siapa, hal apa, kapan, di mana.
  • Interkulturelle Landeskunde
    2 SKS - H10H113
    Dalam mata kuliah ini dipelajari tentang pranata masyarakat di ruang budaya Jerman (baca: Negara-negara berbahasa Jerman) yang disoroti secara konfrontatif dari dua sisi latar budaya Indonesia dan Jerman. Melalui pengenalan berbagai aspek kehidupan manusia, seperti keluarga, pendidikan, kesehatan, pekerjaan, hubungan antarmanusia, konsumsi media massa dll. di ruang budaya yang berbeda, akan diperoleh pemahaman tentang adanya kesamaan dan juga perbedaan di antara bangsa-bangsa di dunia. Dengan pemahaman tersebut akan dapat dicapai keterbukaan dan sikap kritis pada diri sendiri yang pada akhirnya dapat mengubah cara pandang etnosentris menjadi lebih terbuka dan toleran. Ini merupakan basis yang diperlukan untuk membangun kontak dan atau merancang suatu program yang tepat sasaran.

    Total : 22 SKS

  • Semester II
  • Pendidikan Kewarganegaraan
    2 SKS
  • Bahasa Indonesia
    2 SKS
  • Strukturen und Wortschatz II
    8 SKSH10H202
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam menggunakan ungkapan-ungkapan dan kalimat-kalimat dasar lanjutan bahasa Jerman. Materi mencakup tema-tema : Ferien und Urlaub, Mode, Körper und Gesundheit, Sprachen und Biographie, Familien, Reisen, Freizeit.
  • Mündlicher Ausdruck II
    2 SKS - H10H206
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dalam menggunakan ungkapan-ungkapan dan kalimat-kalimat dasar lanjutan bahasa Jerman. Materi mencakup tema-tema : Ferien und Urlaub, Mode, Körper und Gesundheit, Sprachen und Biographie, Familien, Reisen, Freizeit.
  • Schriftlicher Ausdruck II
    2 SKS - H10H208
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang kemampuan untuk berkomunikasi secara tulisan dalam menggunakan ungkapan-ungkapan dan kalimat-kalimat dasar lanjutan bahasa Jerman. Materi mencakup tema-tema : Ferien und Urlaub, Mode, Körper und Gesundheit, Sprachen und Biographie, Familien, Reisen, Freizeit.
  • Leseverstehen II
    2 SKS - H10H210
    Mata kuliah ini berupa latihan lanjutan kemampuan pemahaman berbagai teks tulis dengan tingkat kesulitan menengah berbahasa Jerman untuk dapat menjawab pertanyaan: bagaimana dan mengapa.
  • Hörverstehen II
    2 SKS - H10H212
    Mata kuliah ini berupa latihan lanjutan kemampuan pemahaman berbagai teks bahasa Jerman dengan tingkat kesulitan melalui sarana audio untuk dapat menjawab pertanyaan: bagaimana dan mengapa.
  • Deutsche Literaturgeschichte
    2 SKS - H10H216
    Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang sejarah perkembangan kesusasteraan Jerman dari sejak awal (antara abad 8 – abad 15) atau abad pertengahan s.d abad modern dan post-modern. Semangat zaman pada setiap periodisasi sastra dengan representannnya serta kekhasan karya-karya sastra dan pengarangya dikenali dan diperbandingkan satu dengan lainnya, sehingga diperoleh kejelasan yang komprehensif. Ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai sebelum membahas karya-karya sastra secara intensif.
  • Deutsche Kulturgeschichte
    2 SKS - H10H217
    Mata kuliah ini memperkenalkan pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Jerman dari zaman ke zaman, khususnya yang berkaitan dengan perkembangan seni dan budaya dengan latar belakang ideologi, politik, ekonomi dan sosial (semangat zaman) yang ada. Pembahasan dilakukan secara kronologis dari abad 18 sampai dengan abad modern. Aliran-aliran filsafat, pola hidup dan dan pola pikir hingga wujud-wujud karya cipta manusia yang mencirikan zaman-zaman yang ada menjadi pengetahuan dasar bagi pemahaman yang utuh terhadap pembentukan karakter masyarakat Jerman.

    Total : 24 SKS

  • Semester III
  • Pengkajian Budaya
    2 SKS
  • Kewirausahaan
    2 SKS
  • Kepariwisataan
    3 SKS
  • Strukturen und Wortschatz III
    8 SKS - H10H303
    Pembelajaran tata bahasa pada tataran lanjutan melalui pemahaman dan pelatihan pembentukan serta penerapan kalimat-kalimat yang lebih kompleks dengan tetap memperhatikan unsur-unsur komunikatif. Materi mencakup tema-tema : Kultur, Medien, Feierabendaktivitäten, Feste, Versicherung, Erziehung in Deutschland.
  • Konversation I
    2 SKS - H10H314
    Dalam mata kuliah ini diberikan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan mündlicher Ausdruck dalam bentuk percakapan / dialog dengan tema-tema yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan dengan tingkat kesulitan level A1/A2, yang pembahasannya dilakukan secara lintasbudaya. Melalui pelatihan ini diharapkan kompetensi kebahasaan lisan setara A2 dapat dicapai. Kompetensi yang dimaksud adalah mampu menyebutkan dan mendeskripsikan sesuatu, memaparkan dan menyampaikan pendapat, serta melangsungkan percakapan atas inisiatifnya sendiri tentang suatu tema dan dapat dipahami lawan bicaranya.
  • Kreatives Schreiben
    2 SKS - H10H318
    Mata kuliah ini berupa latihan kemampuan membuat karangan berbahasa Jerman dengan tema ringan berdasarkan teks atau gambar serta mengembangakan ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan.
  • Einführung in die Sprachwissenschaft
    2 SKS - H10H319
    Mata kuliah ini berupa pengenalan Linguistik umum yang berhubungan dengan aliran-aliran keilmuan baik dalam cakupan linguistik murni maupun linguistik terapan.
  • Einführung in die Literaturwissenschaft
    2 SKS - H10H320
    Mata kuliah ini berupa pengenalan ilmu-ilmu dasar dalam bidang sastra asal usul, kaitan antara sastra dengan pembaca, pengelompokan dan sastra tradisi.

    Total : 23 SKS

  • Semester IV
  • Manusia dan Kebudayaan Indonesia
    3 SKS
  • Sejarah Kebudayaan Indonesia
    3 SKS
  • Strukturen und Wortschatz IV
    6 SKS - H10H404
    Pembelajaran materi-materi yang menunjang peningkatan kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan yang diutamakan untuk bidang profesi dan materi-materi yang terkait dengan masalah-masalah antarbudaya. Materi mencakup tema-tema yang lebih kompleks : Körpersprache, Erfindungen und Geschichte, Alltag, Männer – Frauen – Paare, Deutschland grösste Stadt, Schule, Klima und Umwelt, Generationen, Migration, Europa: politik und mehr.
  • Konversation II
    2 SKS - H10H415
    Mata kuliah ini berisi pelatihan untuk meningkatkan kemahiran bercakap-cakap dalam bentuk yang lebih kompleks, seperti menyampaikan pendapat, sanggahan, komentar, saran, kritik kepada lawan bicara, mempresentasikan, mengidentifikasi dan menyimpulkan suatu tema berbasis data grafis, serta mengorganisir suatu kegiatan bersama. Melalui pelatihan ini diharapkan kompetensi kebahasaan lisan setara level B1 dapat dicapai.
  • Textproduktion
    2 SKS - H10H421
    Mata kuliah ini berupa latihan kemampuan membuat karangan berbahasa Jerman dengan tema ringan berdasarkan teks atau gambar, diutamakan untuk bidang profesi dan materi-materi yang terkait dengan masalah-masalah antarbudaya.
  • Sprachwissenschaft
    4 SKS - H10H422
    Mata kuliah ini berupa latihan kemampuan membuat karangan berbahasa Jerman dengan tema ringan berdasarkan teks atau gambar serta mengembangakan ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan.
  • Literaturwissenschaft
    4 SKS - H10H423
    Mata kuliah ini berisi materi pengenalan mengenai karya-karya sastra Jerman dari zaman klasik hingga terkini yang tergolong ke dalam epik, drama, dan puisi berdasarkan karakter-karakter yang dimilikinya.

    Total : 24 SKS

  • Semester V
  • Dasar-dasar Filsafat
    2 SKS
  • Logika
    2 SKS
  • Pragmatik
    2 SKS - H10H524
    Pembahasan tentang salah satu disiplin ilmu bahasa yang menghubungkan peran konteks dengan bahasa dalam penginterpretasian makna. Dibahas dan dilatihkan pula kajian-kajian pragmatik seperti Deixis, (konversationelle) Implikaturen, Präsupposition, Sprechakte, dan Konversationsstruktur dengan menggunakan teori-teori dari Austin dan Searle, Grice, Bühler, Sacks und Garfinkel, dll.
  • Semiotik
    2 SKS - H10H525
    Pembahasan tentang produksi tanda-tanda dan simbol-simbol sebagai bagian dari sistem kode yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi. Tanda-tanda yang dibahas meliputi tanda-tanda visual dan verbal serta tanda-tanda nonverbal. Tanda-tanda ini membentuk sistem kode yang secara sistematis untuk menyampaikan informasi atau pesan di setiap kegiatan dan perilaku manusia. Akan diperkenalkan dan dilatihkan penelitian semiotik berdasarkan teori-teori di antaranya dari Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Peirce, Roland Barthes, Umberto Eco, dll. Akan dibahas pula secara kritis penerapan teori-teori tersebut, dikaitkan dengan sastra, bahasa, budaya, serta konteks yang melingkupinya.
  • Einführung in die Übersetzungswissenschaft
    2 SKS - H10H526
    Penguasaan definisi penerjemahan, prinsip dan proses penerjemahan, baik tulis (übersetzen) ataupun lisan (dolmetschen), keterkaitan antarmakna bahasa sumber dan bahasa sasaran , komunikasi antarbudaya, bermacam jenis teks, teknik dan metode penerjemahan tulis dan lisan dengan tingkat kemampuan bahasa Jerman B1/2.
  • Deutsch für Wirtschaft
    3 SKS - H10H527
    Pengenalan dan pembahasan tentang cara-cara berkomunikasi secara aktif dengan tamu-tamu berbahasa Jerman, baik lisan maupun tulis, dengan mempergunakan ungkapan-ungkapan bahasa Jerman yang khas untuk bidang bisnis.
  • Deutsch für Tourismus
    3 SKS - H10H528
    Pengenalan dan pembahasan tentang cara-cara berkomunikasi secara aktif dengan tamu-tamu berbahasa Jerman, baik lisan maupun tulis, dengan mempergunakan ungkapan-ungkapan bahasa Jerman yang khas untuk bidang pariwisata.
  • Kinder-und Jugendliteratur
    4 SKS - H10H529
    Mata kuliah ini terdiri atas dua bidang kajian utama yang berbeda, namun berada dalam ruang lingkup yang sama, karena memiliki khalayak sasaran yang sama, yaitu anak dan remaja. Pengetahuan tentang KJL dan KJM ini disajikan secara berturut-turut dengan materi-materi yang terbatas dan yang telah mengalami penyederhanaan. Cakupan kajian KJL adalah pengantar sejarah KJL dari abad 19 s.d masa kini, di samping pengenalan tentang alat bantu dan koleksi historis KJL, seperti Realistische und Fantastische KJL dan Sachliteratur und Bilderbuch. Sedangkan kajian KJM mencakup pengetahuan yang berasal dari ilmu-ilmu komunikasi dan media, sosial, pedagogik, pendidikan literasi, hasil studi tentang anak-anak dan psikologi. Penguasaan pengetahuan tentang kedua bidang kajian ini dapat menjadi fondasi bagi pemahaman terhadap anak dan remaja dan permasalahan yang dihadapinya.

    Total : 20 SKS

  • Semester VI
  • Vorbereitung zum DaF Test
    3 SKS - H10H630
    Mata kuliah ini berupa pengenalan ujian Test DaF, pelatihan tipe-tipe soal yang utama berbeda-beda dari seluruh kemahiran berbahasa Jerman (Leseverstehen, Hörverstehen, Schriftlicher Ausdruck, Mündlicher Ausdruck) dan peningkatan kompetensi bahasa Jerman.
  • Sprachwissenschaftliche Forschungsmethoden
    2 SKS - H10H631
    Penguasaan metode-metode penting untuk mencari dan mengolah data terkait penelitian linguistik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan melakukan studi literatur, pengamatan, kuesioner, wawancara, dll dengan tingkat kemampuan bahasa Jerman B1/2.
  • Literaturwissenschaftliche Forschungsmethoden
    2 SKS - H10H632
    Penguasan metode-metode terpenting yang dibutuhkan untuk menganalisis karya-karya sastra Jerman, baik yang berorientasi pada teks (Erzähltextanalyse, Rezeptionsästhetik, Intertextualität), pengarang (biographische, psychologische Interpretation), maupun konteks (soziologische, kultursoziologische Ansätze), dan menerapkannya dalam analisis teks-teks sastra pendek dengan tingkat kemampuan bahasa Jerman B1/2.
  • Sprache und Medien
    2 SKS - H10H633
    Mata kuliah ini berupa pemahaman tentang peran bahasa dalam media (cetak, audio-visual) dan peran media dalam penelitian bahasa dan sastra, antara lain Literaturverfilmung.
  • Praxis des Dolmetschen DI/ID
    2 SKS - H10H634
    Mata kuliah ini berupa pengaplikasian teori yang dipelajari sebelumnya dengan pelatihan menerjemahkan secara lisan teks-teks pidato, percakapan, penjelasan, dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman dan dari bahasa Jerman ke dalam bahasa Indonesia dengan tingkat kemampuan bahasa Jerman B2/2.
  • Praxis des Übersetzung DI/ID
    2 SKS - H10H635
    Mata kuliah ini berupa pengaplikasian teori yang diajarkan sebelumnya dengan pelatihan mengalihbahasakan teks-teks informatif, apelatif, dan ekspresif dengan tingkat kesulitan rendah sampai tinggi secara kontekstual dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman dan dari bahasa Jerman ke dalam bahasa Indonesia. Materi difokuskan terutama pada penganalisisan, penerjemahan, dan pengujian terjemahan dan permasalahan dalam menerjemahkan dengan tingkat kemampuan bahasa Jerman B2/1.
  • KKN
    3 SKS

    Total : 16 SKS

  • Semester VII
  • Linguistikseminar
    4 SKS - H10H737
    Dalam seminar ini dibahas tema-tema dan issue-issue aktual dalam penelitian linguistik, terutama yang terkait dengan analisis teks dan analisis wacana yang dikaji lewat perspektif keilmuan yang bersifat interdisiplin dan interkultural.
  • Literaturseminar
    4 SKS - H10H737
    Mata kuliah ini berupa penjelasan pedoman penulisan skripsi dengan membahas contoh-contoh karya ilmiah Kesusastraan Jerman, berlatih menyusun dan mempresentasikan suatu ragangan skripsi.
  • Übersetzungsseminar
    2 SKS - H10H738
    Dalam mata kuliah ini didiskusikan tentang hasil-hasil praktik penerjemahan (dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jerman atau sebaliknya) berikut permasalahan dan solusi pemecahan masalah yang dilakukan. Kemahiran berbahasa dan berkomunikasi mempunyai peran yang besar di dalamnya. Melalui pembahasan naskah-naskah terjemahan tertulis secara terintegrasi berdasarkan Texttypen, Textsorten, Textkonventionen, Übersetzungsmethoden dan ideologi penerjemahan kemampuan mengaplikasikan teori-teori pener-jemahan dalam proses penerjemahan akan teruji dan pemahaman tentang hakikat penerjemahan akan dapat dicapai.
  • Kolloquim
    3 SKS - H10H739
    Persiapan dan penyusunan ragangan untuk tugas akhir dalam bidang sastra, linguistik, atau pengetahuan interdisipliner.

    Total : 9 SKS

  • Semester VIII
  • Skripsi
    6 SKS - H10H840
    Proses menghasilkan tugas akhir dalam bidang sastra, linguistik, atau penerjemahan, serta elaborasi antara kompetensi utama (linguistik, sastra, atau penerjemahan) dengan kompetensi pendukung (kewirausahaan, dilomasi, kajian budaya, atau kepariwisataan).

    Total : 6 SKS